Senin, 22 Agustus 2016

5 Hadits tentang Keutamaan Ilmu dan Ulama (1)




1. Lebih Utama dari Ibadah Seribu Tahun

 قال النبي صلى الله عليه وسلم لابن مسعود رضي الله عنه: يَا ابْنَ مَسْعُوْدٍ، جُلُوْسُكَ سَاعَةً فِيْ مَجْلِسِ العِلْمِ، لاَ تَمَسُ قَلَماً، وَلاَ تَكْتُبُ حَرْفًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ عِتْقِ أَلْفِ رَقَبَةٍ، وَنَظَرُكَ إِلىَ وَجْهِ العَالِمِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَلْفِ فَرَسٍ تَصَدَّقْتَ بِهَا فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، وَسَلاَمُكَ عَلىَ العَالِمِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ عِبَادَةِ أَلْفِ سَنَةٍ. 

"Nabi SAW bersabda kepada Ibn Mas’ud ra: “Wahai Ibn Mas’ud! Diam-dudukmu yang sesaat di forum ilmiah meski tidak menyentuh pena dan tidak pula menulis sehuruf pun adalah lebih baik bagimu dari pada memerdekakan seribu budak. Pandangan matamu ke wajah seorang ulama adalah lebih utama dari pada bagimu dari pada sedekahmu berupa seribu kuda untuk dipergunakan di jalan Allah. Ucapan salammu kepada seorang ulama adalah lebih utama dari pada ibadah seribu tahun.”

2. Setan Merasa Lebih Berat Menggoda Ulama 


وقال صلى الله عليه وسلم: فَقِيْهٌ وَاحِدٌ مُتَوَرِّعٌ أَشَدُّ عَلىَ الشَيْطَانِ مِنْ أَلْفِ عَابِدٍ مُجْتَهِدٍ جَاهِلٍ وَرعٍ 

"Nabi SAW bersabda: Seorang faqih yang wara’ adalah lebih berat bagi setan (untuk menggodanya) dibandingkan dengan seribu abid yang bersungguh-sungguh tapi bodoh meskipun wara’".

 3. Bagaikan Bulan Purnama versus Bintang-bintang


 وقال صلى الله عليه وسلم: فَضْلُ العَالِمِ عَلىَ العَابِدِ كَفَضْلِ القَمَرِ لَيْلَةَ البَدْرِ عَلىَ سَائِرِ الكَوَاكِبِ.

 "Nabi SAW bersabda: “(Perbandingan) keutamaan orang pandai dengan orang ahli ibadah (abid) adalah bagaikan Bulan di malam purnama yang terangnya mengalahkan seluruh bintang-bintang.”

 4. Pengampunan Dosa


 وقال صلى الله عليه وسلم: من انتقل ليتعلم علما غفر له قبل أن يخطو.

 "Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa beranjak untuk mencari ilmu maka ia diampuni (dosanya) semenjak belum melangkah.”  

5. Dipilih dan Dimuliakan Allah 


.وقال صلى الله عليه وسلم: أكرموا العلماء فإنهم عند الله كرماء مكرمون 

"Nabi SAW bersabda: “Muliakanlah ulama karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang mulia yang dimuliakan Allah SWT.”  *** Yang dimaksud dengan ‘Alim dan ‘Faqih dalam hadits di atas adalah orang yang pandai dalam bidang ilmu-ilmu syari’ah. Syaikh Nawawi Al-Bantani mengatakan bahwa keistimewaan Ulama digambarkan dalam surat Ali Imran yang menjelaskan bahwa Allah bersaksi atas nama, pertama; diri-Nya, kedua; malaikat dan ketiga; ulul ilmi (orang berilmu) yang adil. Disarikan dari Tanqihul Qaul Al-Hatsits karya Syaikh Nawawi Al-Bantani, syarh atas Lubabul Hadits karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi.

© Digiumm.com, sumber: digiumm.com

1 komentar:

  1. This is how my associate Wesley Virgin's report begins in this SHOCKING and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to get anything they want.

    THESE are the same methods lots of famous people (notably those who "come out of nothing") and the greatest business people used to become rich and famous.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe this expression has even occurred INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around 7 years back, while driving a non-registered, beat-up trash bucket of a car with a suspended driver's license and $3 on his banking card.

    "I'm very frustrated with going through life paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

    You've been a part of those those conversations, right?

    Your success story is waiting to be written. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus